My First Journey (General Orientation)

“SPIRIT”
(S
trive for Excellence, Perseverance, Intergrity, Respect, Innovation, Teamwork)
– Graduate Attributes

cropped-1734553BINUS-ALSUT-1edit-Jpeg780x3901

Freshment Enrichment Program hari pertama pun dilaksanakan, semua calon mahasiswa BINUSIAN2020 berkumpul di kampus masing-masing, sama pula halnya dengan saya. Saya juga meruapakan calon mahasiswa BINUSIAN2020 pada saat itu,  rasa canggung satu dengan lain pasti ada karena baru pertama kali ketemu dan juga saling kenal.

Kebetulan banget, saya merupakan calon mahasiswa BINUSIAN2020 yang akan mengikuti perkuliahan di Kampus Alam Sutra, dan juga pada General Orientation ini, saya berada pada Batch 4 (Gelombang 4) kelas DAS04, yang dimana semua muridnya satu jurusan dengan saya. Yap, jurusan Teknik Informatika, kelas yang bisa dibilang “gersang” karena dari sekitar 50an anggota kelas, hanya terdapat 6 mahasiswi. Tapi kelas kita tetap solid, dan saling berbagi pengalaman selama mengikuti General Orientation.

  • DAY 1 – First Day of General Orientation

Pada hari pertama kita dikenalkan dengan Buddy Coordinator(BC), dimana kita sebagai buddy, mendapatkan pengarahan dari para BC mengenai segala sesuatu yang diperlukan selama mengikuti kegiatan General Orientation. Pada hari ini juga kita memulai sesi perkenalan, yang pastinya setiap orang memiliki latar belakang masing-masing, namun hobby yang paling banyak ditemukan tentu saja Gaming, dengan adanya sesi perkenalan ini setidaknya kita bisa dapat lebih kenal satu dengan yang lainnya. Sesi GO hari pertama diakhiri dengan menyanyikan lagu Mars Bina Nusantara dan juga Mars BINUSIAN.

  • DAY 2 – Binusian Journey & Pengenalan Dunia Perkuliahan

Hari ini kita diajarkan untuk lebih mendalami mengenai dunia perkuliahan, yang pastinya sangat berbeda dengan saat kita berada di sekolah dulu. Pada hari ini juga kita diminta untuk membuat 2 tugas yang nantinya akan dilombakan dengan kelas lain yaitu :

  1. Lomba Kreasi Video dengan Tema Greater Nusantara
  2. Lomba Yel-Yel

Selain itu, kita diberikan masukan dan juga informasi yang berguna seperti bagaimana cara belajar dalam perkuliahan, cara mengikuti ujian, dan juga melakukan registrasi-registrasi yang akan diperlukan kedepannya. Informasi yang diberikan sangat-sangat bermanfaat, karena jika kita menemukan kesalahan dapat langsung ditindaklanjuti.

  • DAY 3 – Binus Way, Bunga Rampai, Binus Maya

Hari ini semua acara menggunakan nama BINUS, yang pastinya hari ini semua akan berhubungan dengan segala sesuatu mengenai BINUS.

Dimulai dari Binus Way, sesi kali ini dibawakan oleh :
Drs. Andreas Chang, MBA
Vice Rector Student Affairs & Community Development

Pada kesempatan kali ini, calon Mahasiswa BINUSIAN2020 dijelaskan mengenai perjalan / sejarah dari Binus itu sendiri. Binus yang tadinya hanya merupakan tempat kursus bernama Modern Computer Course, terus berkembang dengan memiliki visi yang membantu mendorong untuk bergerak maju hingga seperti saat ini menjadi Universitas Bina Nusantara. 

Acara dilanjutkan dengan Bunga Rampai, yang merupakan sesi pengenalan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang ada di Binus kepada calon Mahasiswa BINUSIAN2020.
(*Keterangan lebih lanjut pada post : Organization SKill)

Sesi Binus Maya adalah sesi yang paling ditunggu, karena memiliki fitur yang sangat menarik, dan sangat mempermudah bagi Mahasiswa/i Binus University. Karena pada Binus Maya (http://binusmaya.binus.ac.id) seluruh informasi yang diperlukan dalam kegiatan perkuliahan tertera disana. Dimulai dari Jadwal Kuliah, Pembayaran, Materi hingga Ujian Online dapat diakses melalui Binus Maya.

  • Day 4 – Sukses Kuliah – Tata Tertib & Kerohanian

Hari ini kita diajarkan bagaimana kiat-kiat agar dapat sukses diperkuliahan, dan hal yang paling terpenting adalah memasang TARGET / CITA-CITA yang akan kita raih semasa kuliah ataupun dimasa depan. Karena dengan adanya target kita terdorong untuk mencapai apa yang telah kita inginkan. Juga, dalam perkuliahan aturan / tata tertib tidak lebih mengekang tidak seperti disekolah, tapi tetap peraturan yang ada harus diindahkan, untuk menjaga nama baik Almamater Binus University, dan terciptanya kenyamanan dalam proses KBM.

Siang harinya, setiap mahasiswa dikelompokkan menurut agamanya masing-masing untuk mengikuti sesi kerohanian, dan kebetulan saya mengikuti KMK (Keluarga Mahasiswa Katolik), di sana kita bisa kenal dengan mahasiswa/i dari jurusan lain yang memiliki satu keyakinan. Kita bermain, dan juga memanjatkan pujian bersama.

  • Day 5 – Kebersamaan & EXPO

Hari yang paling ditunggu dan pastinya gokil banget, karena hari ini semua kelas pada Batch 4 yang mengikuti General Orientation menampilkan Yel-Yel mereka, yang pastinya keren-keren banget. Tidak kalah serunya, setelah acara kebersamaan, kita ditampilkan dengan EXPO, dimana seluruh UKM yang ada di Binus, khusunya BInus Alam Sutra menampilkan performance mereka dan juga membuka pendaftaran bagi mahasiswa/i yang ingin mendaftar.

Jadi pada General Orientation ini, kita dijelaskan mengenai banyak hal tentang segala sesuatunya mengenai Perkuliahan di Binus University. Seperti yang ada pada post sebelumny, FEP tidak berhenti sampai di General Orientation, karena masih ada Academic Orientation dan juga Campus Life Orientation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *